Rabu, 28 Agustus 2013

Tapak Sejarah Manchester United

Tim yang pertama kali dibentuk dengan nama Newton Heath L&YR F.C. pada 1878 adalah tim karya Lancashire dan Yorkshire stasiun kereta api di Newton Heath. Pertama kali tim ini dibentuk, kaos tim berwarna hijau - emas. Mereka para pemain bermain di sebuah lapangan kecil di North Road, dekat stasiun kereta api Piccadilly Manchester selama lima belas tahun, sebelum pindah ke Bank Street di kota dekat Clayton pada 1893.

Tim ini sudah memasuki kompetisi sepakbola tahun sebelumnya, dan setelah beberapa lama tim mulai memutuskan hubungannya dengan stasiun kereta api, menjadi perusahaan yang mandiri, serta mengangkat seorang sekretaris perkumpulan dan pengedropan "L&YR" dari nama mereka untuk menjadi Newton Heath F.C saja. Namun setelah jalan beberapa saat tim mulai memasuki masa –masa krisis di tahun 1902, sehingga lapangan bank street mereka pun nyaris ditutup.

Namun ternyata sebelum tim menyatakan bubar karena hampir bangkrut, mereka menerima investasi dari J. H. Davies, direktur Manchester Breweries. Awalnya, seorang legenda tim, Harry Stafford, yang merupakan kapten tim, memamerkan anjing St. Bernardnya, kemudian Davies memutuskan untuk membeli anjing itu. Stafford menolak, tetapi berhasil mempengaruhi Davies untuk menanamkan modal pada tim dan menjadi chairman tim. Diadakan rapat untuk mengganti nama perkumpulan. Manchester Central dan Manchester Celtic adalah nama yang diusulkan, sebelum Louis Rocca, seorang imigran muda asal Italia berkata.
 "Tuan-tuan, mengapa kita tidak menggunakan nama Manchester United?". Dan pada akhirnya Nama Manchester United lah yang secara resmi dipilih mulai 26 April 1902. Davies juga memutuskan untuk mengganti warna tim dan terpilihlah warna merah dan putih sebagai warna tim Manchester United.

Meski sejak dulu telah termasuk salah satu tim terkuat di Inggris, barulah sejak 1993 Manchester United meraih dominasi yang besar di kejuaraan domestik di bawah arahan Sir Alex Ferguson - dominasi dengan skala yang tidak terlihat sejak berakhirnya era Liverpool F.C. Taruhan Piala Dunia pada pertengahan 1970-an dan awal 1980-an. Sejak bergulirnya era Premiership pada tahun 1992, Manchester United adalah tim yang paling sukses dengan dua belas kali merebut trofi juara.

Meskipun sukses di kompetisi domestik, kesuksesan tersebut masih sulit diulangi di kejuaraan Eropa mereka hanya pernah meraih juara di Liga Champions tiga kali sepanjang sejarahnya (1968, 1999, 2008). Dan ternyata pada musim 2009-10 bukanlah musim yang bagus, karena MU hanya mendapatkan gelar Piala Liga. Musim selanjutnya United meraih titel juara liga teratas untuk ke-19 kalinya, melewati Liverpool dengan 18 gelar juara liga, setelah imbang di Blackburn 1-1 untuk penentuan gelar juara dengan Chelsea.

Di Eropa, United meraih medali runner-up setelah dihantam pasukan Pep Guardiola,Barcelona 3-1. Di musim tersebut, United kehilangan Gary Neville, Owen Hargreaves, Paul Scholes dan Edwin van der Sar. Di musim 2011-12, United mendapat kemenangan besar atas Arsenal 8-2 di Old Trafford, tetapi kekalahan besar dari Manchester City 1-6 di tempat yang sama. Pertandingan melawan Sunderland (1-0 United) adalah sejarah bagi United, khususnya Sir Alex yang telah resmi 25 tahun bersama United.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar