Kamis, 17 Oktober 2013

Ajarkan Anak Anda Berenang Sedari Dini Untuk Perkembangan Dirinya


Taukah anda hasil penelitian di Melbourne, Australia, menunjukkan, secara statistik IQ anak-anak yang diajarkan berenang sejak bayi lebih tinggi ketimbang anak-anak yang tak diajarkan berenang atau diajarkan berenang setelah usia 5 tahun. Anak-anak tersebut diukur IQ-nya ketika mereka berusia 10 tahun. Tak hanya itu, pertumbuhan fisik, emosional, dan sosialnya pun lebih baik.

Penelitian lain menunjukkan, bayi lebih gampang diajarkan berenang ketimbang orang dewasa karena bayi tak pernah memiliki faktor X, semisal bahaya. Bukankah bayi belum mengerti bahaya? Lagi pula, bayi sangat menyukai air sehingga ia pun akan suka diajak berenang. Nah, hal ini membuatnya jadi lebih mudah belajar berenang.


Namun Kebanyakan orang tua takut untuk mengajak anaknya berenang selagi kecil. Bahkan beberapa artis banyak yang sampai melakukan Penerbangan ke Singapura hanya untuk mendidik anaknya untuk berenang oleh para ahli disana. Yang seharusnya kebersamaan antara orang tua dan anak terjaga tanpa orang lain sedari ia masih anak - anak.

Bayi baru lahir hingga usia 3 bulan bisa langsung nyemplung ke dalam air tanpa takut tenggelam karena pada usia tersebut ia memiliki refleks melangkah yang banyak kegunaannya untuk berenang. Bila kita meletakkan bayi usia di bawah 3 bulan di dalam air, secara otomatis ia akan menggerak-gerakkan kakinya menyerupai paddle dog sehingga tak tenggelam. Bisa dikatakan, pada usia di bawah 3 bulan bayi sudah bisa berenang dengan gaya primitif.

Kendati refleksnya sudah menghilang, ia tetap bisa melakukan gerakan berenang walaupun tak terorganisasi atau acak-acakan. Dengan ada gaya gravitasi, ia merasa ditekan dari bawah air sehingga ia bisa mengambang. Ia pun jadi senang. Apalagi sejak di perut ibu, bayi sebenarnya juga sudah berenang dalam air ketuban selama 9 bulan.

Mengajarkan bayi berenang sejak tahun pertama memiliki banyak manfaat. Tak hanya bermanfaat untuk bayi, berenang juga bisa meningkatkan bonding antara orang tua - anak. Mengajarkan berenang sedini mungkin kepada anak, memberikan lebih banyak manfaat.

Perkembangan fisik dan mental
Aktivitas berenang melatih perkembangan fisik dan mental anak. Anak tak hanya tumbuh lebih bugar dan kuat, namun juga membantu anak untuk lebih bernafsu makan dan lebih nyenyak tidur.

1 komentar:

  1. Disarankan untuk mengajarkan bayi Anda untuk berenang untuk pengembangan aspek fisik dan emosional.

    Casino Malaysia Online

    BalasHapus