Selasa, 08 Oktober 2013

Mengapa Sakit Cacar Air Bisa Menular? Yu, Cari Tau Part 2


Setelah beberapa waktu yang lalu telah dibahas mengenai mengapa cacar air bisa terjadi, dan apa efeek yang ditimbukan dari cacar air sendiri. Maka pada kesempatan kali ini saya mencoba memberi tau anda beberapa gejala awal yang biasanya dialami saat menderita cacar air. Antara lain adalah ;

Kondisi badan anda akan terasa menurun atau tidak fit, lemah dan mudah capek, jika hal ini terjadi memang tidak sepenuhnya bisa dibilang anda terkena cacar air. Namun tetaplah waspada.

Mulai merasakan nyeri - nyeri di pergelangan sendi dan terasa seperti ngilu, tapi tidak semua penderita mengalaminya lagi ya, karena terkadang efek bagi masing – masing orang memang berbeda – beda.

Pada anak-anak yang berusia diatas 10 tahun, gejala awalnya berupa sakit kepala, demam sedang dan rasa tidak enak badan. Gejala tersebut biasanya tidak ditemukan pada anak-anak yang lebih muda, gejala pada dewasa biasanya lebih berat.


24-36 jam setelah timbulnya gejala awal, muncul bintik-bintik merah datar (makula). Kemudian bintik tersebut menonjol (papula), membentuk lepuhan berisi cairan (vesikel) yang terasa gatal, yang akhirnya akan mengering. Proses ini memakan waktu selama 6-8 jam.

Selanjutnya akan terbentuk bintik-bintik dan lepuhan yang baru. Muncul bentol kemerahan seperti gelembung yang berisi air di permukaan kulit. Umumnya, muncul pertama kali di daerah dada.

Setelah muncul bentol atau gelembung yang berisi air di seluruh tubuh, masa inkubasi dari cacar air ini adalah sekitar 2 - 3 minggu tergantung dari daya tahan tubuh penderita cacar air. Semakin kuat daya tahan tubuhnya, maka cacar air yang keluar di permukaan kulit hanya sedikit dan cepat mengering.

Dan yang harus dingatkan sekali lagi adalah jangan coba sekali – kali anda keluar rumah bahkan mungkin sampai membeli Tiket ke Bangkok untuk anda bepergian nanti. Karena pada umumnya penderita cacar harus banyak istirahat dan tidak boleh terkena angin, apalgi debu – debu disaat keluar rumah. Biarkan tubuh anda beristirahat sejenak sampai anda benar – benar pulih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar