Selasa, 26 Maret 2013

Manfaat Batu Kerikil Yang Ada Di Rel Kereta Api

Pernahkah anda melintas diatas rel kereta api yang terdapat batuan kerikil, Lalu tahukah anda apa manfaat dari batu kerikil itu semua ?
Tanpa disadari banyak orang yang tidak mengetahui manfaat dan mengapa batu kerikil itu ada diatas rel kereta api.

Langsung saja, ini dia manfaat dari batu kerikil itu :

1. Menahan Getaran
Fungsi utama dari batu kerikil yang ada pada rel kereta api itu adalah menahan getaran, getaran dari kereta api yang melintas akan terkurangi dengan adanya batu kerikil itu sehingga guncangan yang ada tidak akan terasa kencang. Tidak hanya itu rel kereta juga tidak akan mudah rusak karena bantuan batu kerikil itu.

2. Bantalan Pemberat
Batuan yang ada pada rel dapat bermanfaat sebagai bantalan pemberat sehingga rel kereta api dapat tetap berdiri tegak dan stabil yang menjadikan kereta api ketika lewat akan berjalan dengan baik.

3. Memperlancara Aliran Air
Ketika hujan batu kerikil yang ada pada rel dapat membantu melancarkan aliran air yang ada, juga batu kerikil berperan penting untuk mencegah pengikisan tanah dan erosi.

4. Menghambat Pertumbuhan Rumput
Selain ketiga manfaat diatas, batu kerikil juga dapat menghambat tumbuhnya rumput disekitar rel kereta api sehingga menyebabkan penggemburan tanah. Tentunya bahaya bukan jika ada rumput yang menghalangi rel kereta api dan sudah pasti perjalanan kereta api akan terhambat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar