Minggu, 26 Agustus 2012

Akibat Timbulnya Penyakit Mata


Vitamin merupakan zat yang sangat dibutuhkan metabolisme tubuh, hasil penelitian dinyatakan, bahwa tidak sedikit penyakit mata yang selalu erat dengan kekurangan vitamin. Karena vitamin tak dapat bersintetik di tubuh atau kurangnya jumlah sintetik, oleh karena itu harus diperlukannya vitamin untuk menyerap manfaatnya agar terhindar dari penyakit mata atau penyakit lainnya.


  1. Kekurangan vitamin A. Dapat menimbulkan penyakit buta malam, cornea softing dan xerophtalmia. Manifestasinya merupakan pandangan kabur di bawah cahaya yang agak redup, mudah lelah, mata kering dan lain sebagainya. Disebabkan karena efek fisiologis kekurangan vitamin A tersebut berkaitan dengan kesan yang agak gelap, ia dapat memadukan suatu zat yang namanya redopsin di dalam mata, redopsin mempunyai efek yang sangat penting untuk pemeliharaan penyesuaian daya pandang mata. berkaitan dengan pemeliharaan keutuhan susunan kulit atas dan mempersingkat perkembangan untuk pertumbuhan. Jika segera memenuhinya dengan susu, daging, kuning telur, tomat, pocai (sejenis sayur mirip bayam), wortel, ikan, dll.
  2. Kekurangan vitamin B1. Memanifestasikan mata kering, daya pandang menurun, lamban memberikan atau menerima reaksi pada cahaya. Karena efek fisiologis dari vitamin B1 yaitu untuk mempercepat proses metabolisme sel, terutama yang berkaitan dengan fungsi konduksi saraf. Untuk memenuhi vitamin B1 bisa dengan mengkonsumsi makanan seperti tepung gandung, hati hewani, kacang dll.
  3. Kekurangan vitamin B2. Sering kali dapat menimbulkan radang saraf visual, bintil mata, radang selaput mata dan lainnya. Manifestasi yaitu menurunnya daya pandang, air mata mengalir, mata tidak dapat atau sukar untuk melihat cahaya. Untuk memenuhi vitamin B2 bisa dengan memakan buah-buahan,sayur bayam dan lainnya.
  4. Kekurangan vitamin C. Bisa menyebabkan perdarahan pada bagian kelopak mata, bahkan dapat menimbulkan penyakit yang sekarang ini sering terjadi pada orang di Indonesia terutama oleh lanjut usia yaitu Katarak dan sebagainya. Manfaat utama dari vitamin C itu sendiri adalah untuk memelihara pembentukan zat antarsel, mengikuti oksidasi susunan sel serta mempunyai efek melunakkan pembuluh darah. Apabila dapat lebih banyak memakan sayuran hijau yang segar serta buah, bisa mencegah perdarahan pada bagian seluruh tubuh dan bagian mata. Karena vitamin C dapat melemahkan cahaya dan oksigen terhadap di lensa mata.

Perbanyak lah mengkonsumsi makanan yang bergizi dan multi vitamin sehingga dapat terhindar dari berbagai penyakit lainnya, selain penyakit mata. Memang asupan vitamin sangat diperlukan oleh tubuh agar terhindar dari penyakit, sekian dari artikel ini dibuat semoga bermanfaat dan terima kasih.

1 komentar:

  1. I would like to thank you for the efforts you have made in writing this article
    nice post, that's very interesting information thanks for sharing :)
    I introduce a Medical student in Islamic University of Indonesia Yogyakarta

    BalasHapus