Selasa, 11 Desember 2012

Suzuki Kembali Ke MotoGP ?

Sudah selama satu tahun mundur dari balapan MotoGP, Suzuki kini sudah kembali mengajukan diri untuk mengikuti tes pra musim 2013 tahun depan. Hal ini membuat pabrikan motor asal Jepang itu kembali turun dikelas balap motor premier ini ?



Masalah yang ada pada Suzuki adalah masalah finansial yang membuta Suzuki mengundurkan diri dari balapan MotoGP yang sudah diikuti selama 35 tahun itu. Keputusan yang diambil itu membuat dunia terkejut karena Suzuki sudah melahirkan rider-rider tangguh semacam Kenny Roberts Jr, Kevin Schwantz, Barry Sheene dan masih banyak lagi.

Jadi di MotoGP hanya menyisakan tiga pabrikan saja, Yamaha, Honda, dan Ducati saja. Tapi semuanya itu akan terhenti pada musim depan jika Suzuki resmi untuk comeback ke dunia MotoGP.

Ini setelah Suzuki mengajukan diri untuk ikut tes pra musim tahun depan yang sejatinya diperuntukan untuk tim-tim yang akan ikut serta di musim 2013. Hal ini menguatkan pernyataan Project Leader Suzuki MotoGP, Satoru Terada, pada Agustus lalu bahwa timnya ingin mencoba menjajal dan kemungkinan kembali ke sana.

"Mereka meminta kepada kami untuk ikut tes selama musim 2013. Jika segalanya berjalan dengan baik mungkin kita akan melihat mereka lagi di musim 2014," ujar bos Dorna, Carmelo Ezpelata, seperti dilansir Autosport.

"Belum ada kesepakatan hingga saat ini tapi masalah utama kami bukanlah memperbanyakan jumlah tim pabrikan," lanjut Ezpelata.

"Kami saat ini punya tiga pabrikan utama, Honda, Yamaha dan Ducati. Jika Suzuki masuk maka kami punya empat dan itu akan sama dengan Formula 1. Jadi tidak akan jadi masalah."

"Hal utama adalah balapan menjadi lebih kompetitif. Jika kami mampu melakukannya dengan tim pabrikan lebih banyak maka itu lebih baik, tapi kuncinya adalah punya motor yang lebih kompetitif," tuntas Ezpelata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar